Tips Saat Penggantian Service Ganti Oli dan Ban

Perawatan sepeda motor khususnya merawat mesin untuk bagian dalam dan seperti merawat ban untuk bagian luarnya. Seperti penggantian sparepart motor di bengkel sakit pasti membutuhkan biaya untuk menunjang kendaraan kita menuju performa terbaik. Seperti yang sudah Anda ketahui bersama bahwa perawatan mesin dan ban kendaraan juga penting dilakukan. Jika Anda tidak memperhatikan kondisi kendaraan anda tentu mengurangi performa kendaraannya bahkan bisa membahayakan saat digunakan di jalan. Untuk itu, berikut kami akan menyampaikan beberapa tips saat penggantian service ganti oli dan ban yang bisa Anda jadikan referensi.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Penggantian Service Ganti Oli dan Ban

Perawatan sepeda motor mejadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Pemilihan sparepart yang tepat saat penggantian dan servis dapat menunjang dalam meningkatkan performa kendaraannya. Agar tak salah dalam memilihnya, terutama jika Anda dihadapkan pada banyak pilihan servis. Tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips dalam perawatan servis ganti oli dan ban berikut ini.

1. Merk oli dan Ban

Hal pertama yang harus Anda memilih merk sparepart yang berkualitas. Menentukan merk produk yang Anda gunakan juga dapat menunjang performa kendaraan. Dengan mengetahui merk produknya, maka Anda dapat menentukan pilihan apakah akan tetap membelinya atau tidak. Untuk hal ini Anda dapat mendiskusikannya dengan mekanik sebagai orang yang lebih paham mengenai perawatan kendaraan bermotor.

2. Spesifikasi

Seorang mekanik di bengkel memiliki jam kerja tinggi tentu akan memperhatikan spesifikasi dari oli dan ban yang digunakan. Hal ini akan mempengaruhi hasil dan kepuasan pelanggan, disamping akan meningkatkan image dari bengkel itu sendiri. Apabila dihadapkan pada budget yang tipis, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya masih banyak bengkel kendaraan yang menawarkan harga murah untuk oli dan ban. Anda bisa meminta bantuan referensi kepada teman atau orang yang lebih tahu.

3. Laku Tidaknya di Pasaran

Jika dirasa Anda masih memilih merk apa saja yang akan digunakan untuk service ganti oli dan ban adalah Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. Tidak ada salahnya untuk mengecek di pasaran tentang banyaknya orang yang membeli antara merk oli dan ban juga. Apabila suatu produk antara oli dan ban itu laku di pasaran maka Anda dapat ikut membelinya juga.

4. Menentukan Oli Sesuai Merk Kendaraan

Oli digunakan sebagai pelumas mesin untuk kendaraan bermotor kita semua. Tentu hal ini akan membuat Anda memilih merk oli  yang berkualitas. Disamping itu, produk dari merk kendaraan yang kita miliki juga membuat oli khusus. Maka dengan merk kendaraan dan produk yang sama dari pabriknya, kita dapat menggunakan merk oli yang sesuai dengan merk kendaraan Anda.

5. Menentukan Ban dengan Ukiran yang Padat

Tak kalah penting dari beberapa trik sebelumnya, melihat banyaknya merk ban di bengkel yang Anda pilih juga menjadi sesuatu hal yang harus Anda perhatikan. Pastikan dalam memilih ban Anda harus melihat ukirannya terlebih dahulu. Dengan melihat ukirannya, apabila terlihat padat maka dapat dipilih untuk digunakan sebagai pengganti ban lama Anda yang sudah aus.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai beberapa tips saat penggantian service ganti oli dan ban yang bisa Anda jadikan referensi. Hal dasar yang tak kalah penting untuk disimak adalah mengenali terlebih dahulu kebutuhan kendaraan Anda. Jadi pastikan Anda mendiskusikannya dengan orang yang lebih tau seputar perawatan kendaraan bermotor. Semoga membantu.

 

Leave a Comment